IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI SINDANG MARGA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Islamia, Pitria Sagita (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI SINDANG MARGA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover, pengesahan, daftar isi dll.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALAT PENGUMPUL DATA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Implementasi pendidikan humanistik dalam metode pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas V SD Negeri Sindang Marga Kabupaten Musi Banyuasin siswa mempunyai berbagai potensi dan kecerdasan. Pendidikan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia yakni menghargai dan mengembangkan potensi tersebut. Akan tetapi pendidikan saat ini masih sering kali tidak memanusiakan manusia, guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa yang kurang aktif untuk mengeluarkan pendapat, ide, maupun gagasan, artinya tidak memberikan kesempatan kepada siswa, setelah guru menerapkan humanisme siswa diberi kebebasan untuk bergerak dan berfikir tetapi menjadi malas untuk berfikir, melakukan hal yang buruk terhadap guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch) secara kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan observasi, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan deskriptif-analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisa secara kritis segala fenomena yang ditentukan dilapangan sehingga menghasilkan kesimpulan penelitian yang obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi ditentukan selama proses belajar mengajar berlangsung, dengan menggunakan penerapan yang telah ditentukan dari sekolah dan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode demonstrasi, tanya jawab, dan lain-lain. Telah menggunakan pendidikan humanistik di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dalam pembelajaran yang sudah ada interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa lainnya, karena siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi berpusat kepada siswa, serta guru bertindak sebagai fasilitator.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:52
Last Modified: 27 Sep 2021 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item