PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG

Larasati, Elita (2015) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak terlepas dari peran sumber belajar. Sumber belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun yang terjadi dilapangan bahwa terdapat siswa yang sering memanfaatkan perpustakaan dan siswa yang jarang memanfaatkan perpustakaan sedangkan prestasi belajar dari kedua kelompok siswa tersebut mendapatkan rata-rata nilai diatas standar. Hal ini lah yang memicu peneliti untuk meneliti lebih lanjut mengenai pengaruh pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Nurul Iman Palembang.     Penelitian ini dilakukan di SMP Nurul Iman Palembang, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Nurul Iman Palembang yaitu kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas VIII.4 dengan jumlah siswa 36 orang, jumlah keseluruhan sampel adalah 73. Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian digunakan dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah rumus tes “t” untuk dua sampel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SMP Nurul Iman Palembang telah memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar sehingga dapat memudahkan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. hal ini dilihat dari hasil analisis mengenai jawaban yang diberikan oleh responden terhadap pertanyaan yang diberikan oleh peneliti. Adapun mengenai prestasi belajar siswa yaitu mendapatkan prestasi yang baik, dilihat dari data raport siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya dilakukan perhitungan dengan menggunakan rumus tes ‘t” dan di peroleh to sebesar - 1,189. Dengan memeriksa tabel “t” bahwa dengan df sebesar 71 pada taraf signifikan 5% diperoleh tt = 1,99 dan pada taraf 1% diperoleh tt adalah = 2,64 karena to yang diperoleh lebih kecil dari pada tt baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, maka hipotesis nihil diterima dan Hipotesis alternatif ditolak.     Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Adapun saran yang diberikan dari hasil penelitian ini yaitu Siswa hendaknya lebih meningkatkan kebiasaan untuk membaca buku di perpustakaan serta mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan memanfaatkan bahan pustaka yang berkaitan dengan mata pelajaran, serta guru disarankan untuk lebih memberikan tugas pengembangan bahan belajar dan tugas mandiri agar siswa dapat mendisiplinkan diri yang memungkinkannya untuk dapat menambah wawasan melalui interaksi di perpustakaan sekolah.          .

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:43
Last Modified: 27 Sep 2021 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12829

Actions (login required)

View Item View Item