PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI BAGI SISWA DI SMA IBA PALEMBANG

LESTARI, SRI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELING THE WAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI BAGI SISWA DI SMA IBA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
REVISI (1).docx

Download (68kB)
[img] Text
REVISI (2).docx

Download (52kB)
[img] Text
REVISI (3).docx

Download (41kB)
[img] Text
REVISI (4).docx

Download (38kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling The Way dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Bagi Siswa di SMA IBA Palembang, pada materi kepengurusa jenazah. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PAI kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Active Learning Tipe Modeling The Way, bagaimana hasil belajar PAI kelas kontrol yang tidak menerapkan metode active learning tipe modeling the way, Apakah ada perbedaan hasil belajar PAI di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way dan kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Modeling the Way Di SMA IBA Palembang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik two gruop post test only design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 anak, dan kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di SMA IBA Palembang. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses belajar dalam pembelajaran active learnig tipe modelling the way pada sub pokok bahasan kepengurusan jenazah. Dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode modeling the way sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Hasil belajar PAI di kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran active learning tipe modeling the way yang berjumlah 20 siswa memperoleh nilai rata-rata 76, dengan nilai yang tertinggi yaitu 90 dan nilai yang terendah yaitu 65 serta Standar Deviasi 6,819. Kemudian hasil belajar siswa PAI pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model pembelajaran active learning tipe modeling the way yaitu memperoleh nilai rata-rata 85, dengan nilai yang tertinggi yaitu 95 dan nilai yang terendah yaitu 75 serta Standar Deviasinya adalah 6,708 dengan rincian 2,02 < 4,102 > 2,71 baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:48
Last Modified: 27 Sep 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item