UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA HURUF ABJAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA KELOMPOK B DI RA ZAHRIAH PALEMBANG

ZULIANI, MUSTIKA (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA HURUF ABJAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT PADA KELOMPOK B DI RA ZAHRIAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I MUSTIKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II MUSTIKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV MUSTIKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi lapangan yaitu di RA Zahriah menunjukkan bahwa pembelajaran anak seringkali kurang menarik bagi anak. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, diantaranya adalah bahasa tubuh guru yang masih kaku, penyajian materi yang kurang menarik, dan alat peraga yang sangat minim, sehingga dalam kegiatan belajar mengajar guru dan anak didik kurang begitu semangat dan anak cenderung bosan dengan tugas yang diberikan dan akhirnya menyepelekkan pelajaran akibatnya proses Kegiatan Belajar Mengajar terhambat dan kurang maksimal yang kemudian berakibat pada rendahnya kemampuan anak. Penelitian ini mempunyai permasalahan : apakah penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca huruf abjad siswa kelompok B di RA Zahriah Palembang. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf abjad siswa kelompok B di RA Zahriah Palembang Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus di mana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan belajar siswa dan analisis yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang di peroleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang di capai siswa. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah anak di RA Zahriah. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, didapat hasil pada Prasiklus. Anak bisa mengenal huruf abjad hanya 2 orang (10%), yang bisa mengenal huruf abjad dengan bantuan 6 orang anak atau 30 % dan yang belum bisa mengenal huruf abjad 12 orang anak atau 60%. Siklus I. Anak bisa mengenal huruf abjad hanya 2 orang tapi pada siklus 1 ini anak yang bisa mengenal huruf abjad menjadi 5, anak yang bisa mengenal huruf abjad dengan bantuan 7 orang dan yang belum bisa mengenal huruf abjad 8 anak. Siklus II. Anak yang bisa mengenal huruf abjad sudah ada 10 anak bisa mengenal huruf abjad dengan bantuan 6 anak atau 40% sementara anak yang belum bisa mengenal huruf abjad 4 anak atau 6.6%. Siklus III. Anak yang bisa 14 anak atau 70%, anak yang bisa dengan bantuan ada 5 anak atau 25% dan anak yang belum bisa sama sekali 1 anak atau 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca huruf abjad siswa kelompok B di RA Zahriah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:49
Last Modified: 27 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item