PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT DI KELAS V SD NEGERI 06 PEMULUTAN BARAT KAB.OGAN ILIR

hartati, hartati (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH SWT DI KELAS V SD NEGERI 06 PEMULUTAN BARAT KAB.OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV, V.docx

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PAI Materi Mengenal Kitab-kitab Allah SWT di Kelas V SD Negeri 06 Pemulutan Barat Kab. Ogan Ilir”. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah “ apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada pelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Pemulutan Barat Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Berdasarkan rumusan masalah ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 06 Pemulutan Barat Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada pelajaran PAI. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi guru yang ingin meningkatkan kualitas belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang berbasis pembelajaran aktif. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan informasi tambahan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran aktif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mengambil lokasi di SDN 06 Pemulutan Barat dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu kelas pada kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terdiri atas 11 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi dan tes, yang selanjutnya data analisa secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan uraian dan analisa data dalam penelitian ini disimpulkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD apabila dilaksanakan dengan baik dan benar, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi mengenal Kitab-kitab Allah di kelas V SDN 06 Pemulutan Barat. Hal ini ditandai dengan meningkatkan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus pada saat penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Dilihat perolehan dari tiap-tiap siklus yaitu siklus 1 : 48,14% dan siklus II : 92,59%, maka terbukti model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi mengenal kitab-kitab Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:53
Last Modified: 27 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item