PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTS N 1 PALEMBANG

RAMADHAN, PUTRA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTS N 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.rtf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (61kB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru Fiqh di MTs N 1 Palembang lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar yang mengakibatkan hasil belajar mereka kurang maksimal. Jadi untuk menghilangkan hal-hal yang belum maksimal tersebut, guru hendaknya dapat memilih metode atau model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpikir dan bekerja sama dalam kelompok sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan dengan menggunakan model pembelajaran dan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Fiqh kelas VII di MTs N 1 Palembang, dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VII materi Adzan, Iqamah, dan shalat berjamaah di MTs N 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua murid kelas VII MTs N 1 Palembang yang berjumlah 280 orang siswa dengan sampel 80 orang siswa dari dua kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-C sebagai kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes. Rumus untuk analisis data memakai tes“t” atau t_0 dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel besar (N lebih dari 30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VII dalam materi Adzan, Iqamah dan Shalat berjamaah di MTs N 1 Palembang, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Hal ini terlihat dari selisih mean (rata-rata) hasil posttest sebesar 12 dan selisih ketercapaian KKM sebesar 72,5% yang diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta perbedaan t0 yang lebih besar dari pada t_t baik pada taraf signifikansi 5% atau pada taraf signifikansi 1%, yakni 1, 99 < 4,19 > 2,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:55
Last Modified: 27 Sep 2021 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13025

Actions (login required)

View Item View Item