PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG

Ponirin, Ponirin (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pedekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain posttest only control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTs Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa 489 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan penyampelan klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi Keliling dan Luas Lingkaran. Pada pertemuan ketiga kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:09
Last Modified: 28 Sep 2021 01:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item