PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN DAN PENGARUHNYATERHADAP KUALITAS LAYANAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL YAQIN TANJUNG BATU OGAN ILIR

MEILITAH, MEILITAH (2012) PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN DAN PENGARUHNYATERHADAP KUALITAS LAYANAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL YAQIN TANJUNG BATU OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Mei1.docx

Download (53kB)
[img] Text
Mei2.docx

Download (35kB)
[img] Text
Mei3.docx

Download (37kB)
[img] Text
Mei4.docx

Download (85kB)
[img] Text
Mei5.docx

Download (26kB)

Abstract

Proses belajar mengajar yang merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah di dalamnya terdapat berbagai komponen pengajaran. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga katagori utama, yaitu : guru, isi atau materi pelajaran dan siswa. Selain itu, tenaga kependidikan atau pegawai merupakan orang yang tidak terlibat secara langsung dalam proses belajar mengajar, mereka adalah sumber daya manusia pendidikan yang berkecimpung dalam administrasi pendidikan atau dapat dikatakan sebagai pegawai kependidikan. Pegawai sebagai tenaga kependidikan merupakan instrumen hidup yang harus mampu mengelola dan mendukung semuanya itu agar dapat tercapai hasil yang maksimal.     Masalah yang dihadapi dalam penelitian: bagaimana profesionalisme tenaga kependidikan di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir, bagaimana kualitas layanan tenaga kependidikan di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir, apakah ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme tenaga kependidikan terhadap kualitas layanannya di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui profesionalisme tenaga kependidikan di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir, untuk mengetahui kualitas layanan tenaga kependidikan di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir, untuk mengetahui pengaruh antara profesionalisme tenaga kependidikan terhadap kualitas layanannya di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir dengan indikasi: bersikap rama tamah dan menyenangkan, bekerja dengan semangat, tepat waktu dan melakukan tugas dengan rapi. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidikan yang ada di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir yang berjumlah 16 orang. Data dikumpul dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Lalu data dianalisis dengan analisis dekriptif kuantitatif.     Hasil peneletian yang dilakukan pertama, profesionalisme tenaga kependidikan MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir mayoritas pada klasifikasi tinggi, hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme tenaga kependidikan MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir baik, karena dari hasil analisa penulis melalui penyebaran angket terhadap 16 sampel, bila digabung antara klasifikasi tinggi dan sedang maka terdapat 11 orang (68,75%) yang menyatakan baik atau profesionalisme tenaga kependidikan tinggi, kedua, kualitas pelayanan profesionalisme tenaga kependidikan MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir mayoritas pada klasifikasi sedang, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pegawai di sekolah ini cukup baik, karena dari hasil analisa peneliti melalui penyebaran angket terhadap 16 sampel, bila digabung antara klasifikasi tinggi dan sedang maka terdapat 12 orang (75%) yang menyatakan baik atau kualitas layanannya tinggi, ketiga, ternyata rxy atau rO yang besarnya 0,495 adalah lebih besar dari rtabel walaupun hanya pada taraf signifikan 5% dan lebih besar juga pada taraf signifikan 1%. (0,250<0,495>0,325). Karena rO sedikit lebih besar daripada rtabel, maka hipotesa nol ditolak. Berarti terdapat korelasi positif yang cukup signifikan antara variabel X dan variabel Y.     Kesimpulannya, tinggi rendahnya kualitas pelayanan tenaga kependidikan di MTs. Nurul Yaqin Tanjung Batu Ogan Ilir mempunyai hubungan erat dengan profesionalisme mereka dalam melaksanakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:23
Last Modified: 28 Sep 2021 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item