Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Palembang”

MARSELA, RINI (2015) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Palembang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab I.rtf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul“Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Palembang” pendekatan matematika realistik (PMR) merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa, bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari siswa ke pengalaman belajar yang berorientasi pada hal-hal yang real (nyata). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  Bagaimana hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV MI Nurul Huda Palembang? dan Adakah perbedaan antara sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV MI Nurul Huda Palembang? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV MI Nurul Huda Palembang dan Untuk mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV MI Nurul Huda Palembang. Jenis penelitian Ekperimen one group pretest-posttest desaign yang merupakan bagian dari Pre-Experimental Desaign atau rancangan ekperimen yang sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang berpengaruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 15 orang siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Palembang. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah rumus tes”t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya pendekatan matematika realistik (PMR) pada taraf signifikansi ttabel 5 % sebesar 2,14 sedangkan pada taraf signifikansi ttabel 1 % sebesar 2,98.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:58
Last Modified: 28 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item