UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KURBAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DI KELAS V MI. NUURUL YAQIN PALEMBANG

MARIAH, MARIAH (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI KURBAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CARD SORT DI KELAS V MI. NUURUL YAQIN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I MARIAH.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II MARIAH.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB III MARIAH.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV MARIAH.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB IV MARIAH.docx

Download (67kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan yang ada di lapangan khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Nuurul Yaqin Palembang bahwa rendahnya hasil belajar siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran Fiqih materi kurban. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut adalah kurang optimalnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti mengambil judul : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Kurban Dengan Menggunakan Metode Card Sort Di Kelas V MI. Nuurul Yaqin Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi kurban di kelas V MI Nuurul Yaqin Palembang Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fiqih materi kurban di MI Nuurul Yaqin Palembang serta untuk mengevaluasi hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Fiqih materi kurban di MI Nurul Yaqin Palembang . Adapun siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V madrasah ibtidaiyah Nuurul Yaqin Palembang tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini terdiri dari beberapa tindakan dan siklus, yaitu tindakan pra siklus serta tindakan siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari beberapa rincian kegiatan yaitu :Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah : Perolehan hasil belajar siswa pada pra siklus diperoleh hasil 1815 dengan nilai rata-rata 64, 8 sebanyak 9 orang siswa atau 32, 1 % siswa yang mampu mencapai nilai KKM. Perolehan hasil belajar siswa pada siklus 1 diperoleh hasil 2060 dengan nilai rata-rata 73, 6 sebanyak 18 orang siswa atau 64, 3 % siswa yang mampu mencapai nilai KKM. Sedangkan, Perolehan hasil belajar siswa pada siklus 2 diperoleh hasil 2420 dengan nilai rata-rata 86, 4 sebanyak 28 orang siswa atau 100 % siswa sudah mampu mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:22
Last Modified: 28 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13599

Actions (login required)

View Item View Item