PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SURAT AL-FIIL SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARTIL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PULAU GEMANTUNG KEC.TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI

ANUAR, ANUAR (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SURAT AL-FIIL SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE TARTIL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PULAU GEMANTUNG KEC.TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I ANUAR.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ANUAR.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ANUAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ANUAR.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ANUAR.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian berdasarkan rumusan permasalahan : bagaimana peningkatan keterampilan membaca surat Al-Fiil dengan menggunakan metode tartil di 1 Pulau Gemantung? Adapun tujuanya adalah untuk mengatahui peningkatan keterampilan membaca surat Al-Fiil dengan menggunakan metode tartil di 1 Pulau Gemantung Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Pulau Gemantung, yang berjumlah 30 orang siswa dengan pertimbangan kelas III adalah kelas yang saya ajari dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang saya hadapi itu sendiri. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, yang di lakukan pada TAHUN AJARAN 2013/2014. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian ini adalah peningkatan skor total. Sebelum diterapkannya metode Tartil skor total pada pratindakan hanya mencapai 1720, kemudian siklus 1 naik menjadi 2020 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi. Kemudian Nilai rata-rata. Dilihat dari nilai rata-rata, dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 57.3, hasil perbaikan siklus I menjadi 67.3 dan pada siklus II menjadi 79.8. Jadi berdasarkan data tersebut maka dapat di katakan bahwa target tuntas belajar anak sudah mencapai nilai maksimal. Meskipun masih ada anak yang tidak tuntas dalam belajar pada siklus II yaitu 1 orang, namun sudah masuk dalam kategori ketuntasan klasikal. Ketuntasan belajar. Dilihat dari ketuntasan belajar dapat dikemukakan bahwa pada pada pra-siklus anak yang tuntas hanya 3 anak, kemudian naik menjadi 14 anak kemudian pada siklus 2 naik signifikan menjadi 29 anak. Setelah dilakukan pembahasan secara teoritis kemudian mengadakan pengamatan, dan menyajikan nilai hasil belajar siswa terhadap penggunaan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa pada suratAl-Fiil di SD Negeri 1 Pulau Gemantung dan menganalisis data maka penulis menyimpulkan: penggunaan metode Tartil dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca lancer surat Al-Fiil di kelas III SD Negeri 1 Pulau Gemantung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:23
Last Modified: 28 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item