UPAYA ORANG TUA DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI IBADAH SALAT JUM’AT REMAJA DI DESA DAMARPURA KECAMATAN BUANA PEMACA KABUPATEN OKU. SELATAN

Noviolita, WENTI (2012) UPAYA ORANG TUA DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI IBADAH SALAT JUM’AT REMAJA DI DESA DAMARPURA KECAMATAN BUANA PEMACA KABUPATEN OKU. SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img] Text
BAB I Q.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB II Q.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

Kewajiban orang tua terhadap anaknya merupakan amanah Alllah, amanah ini berisikan kewajiaban orang tua untuk mengasuh, merawat dan mendidik anak-anaknya. Karena orang tua merupakan pendidik yang pertama dan utama memiliki daya taman yang paling berkesan pada anak. Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua salah satunya yaitu dengan terus memberikan keteladanan yang baik pada anak-anaknya. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai ketaatan ibadah salat Jum’at remaja dan upaya orang tua dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui ibadah Salat Jum’at remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua, dan mengetahui ketaatan ibadah salat Jum’at remaja di Desa Damarpura Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten OKU Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak remaja laki-laki berusia antara 13-21 tahun di Desa Damarpura berjumlah 220 orang dan yang dijadikan sampel hanya 55 orang saja. Data yang digunakan dalam penelitia ini terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang berbentuk kalimat seperti, tinggi, sedang dan rendah tentang upaya dan orang tua dalam menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui ibadah Salat Jum’at remaja di Desa Damarpura Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten OKU Selatan. Sedangkan kuantitatif adalah data yang dinyatakan dengan angka tentang hasil persentase dari jawaban angket yang diberikan kepada responden, dan data perhitungan hasil penentuan TRS setelah perhitungan persentase selesai. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Pertama Upaya orang tua dalam menginternalisasikan nilai Pendidikan Agama Islam melalui ibadah Salat Jum’at remaja termasuk dalam kategori sedang hal ini terbukti dengan sebanyak 38 orang responden mendapat skor dalam katagori jawaban sedang. Sedangkan yang kedua mengenai ketaatan ibadah salat Jum’at remaja, setelah dilihat dari hasil observasi selama tiga kali pelaksanaan salat Jum’at ketaatan salat remaja termasuk dalam katagori kurang hal ini terbukti dari 55 orang remaja yang tinggal di desa Damarpura hanya 21 orang yang taat melaksanakan salat Jum’at.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:26
Last Modified: 28 Sep 2021 04:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item