YahdianI, Ahmad (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 SEMENDE DARAT LAUT. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Cover dan abstrak.pdf Download (935kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 2 3.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Cover dan abstrak.pdf Download (935kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan tes yang sesuai dengan karakteristik materi Pendidika Agama Islam yang baik dan menghasilkan produk berupa instrumen evaluasi hasil belajar untuk SMK. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yaitu mengembangkan instrumen tes, sehingga diperoleh hasil yang baik. model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural yaitu yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa instrumen tes. Data diperoleh melalui daftar cek dan wawancara. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) prosedur pengembangan alat tes yang telah dikembangkan, yaitu: a) menyusun spesifikasi tes yang terdiri dari tujuan tes, kisi-kisi soal dan bentuk tes, b) menulis soal, c) menganalisi soal secara kualitatif yang dilakukan oleh ahli, d) uji coba tes, e) menganalisis secara kuantitatif dilihat dari reliabilitas tes, validitas tes, daya pembeda dan tingkat kesukaran tes, f) melakukan revisi instrumen soal, g) merakit tes, h) memasukkan soal ke dalam google form. 2) Berdasarkan penilaian ahli media, kalayakan penggunaan google form dari aspek umum dikategorikan sangat baik dengan presentase 90 %,dari aspek rekayasa perangkat lunak dikategorikan sangat baik dengan presentase 88.57%, demikian pula aspek komunikasi visual, google form eveluasi hasil belajar masuk kategori sangat baik dengan skor 86.67%. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli bahasa instrumen yang dikembangkan masuk kategori sangat baik dan baik dengan presentase masing-masing 85% dan 75 %. Instrumen yang dikembangkan telah diuji validitasnya dan tiap instrumen adalah valid, reliabilitasnya menunjukkan keajegan yang tinggi dengan angka 1.036, tingkat daya pembeda menghasilkan tiga butir soal diperbaiki dan dua belas butir soal diterima. Sedangkan tingkat kesukaran soal menghasilkan soal berkategori mudah sebanyak 4 butir, sedang 8 butir dan sukar 3 butir soal. Produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari guru mata pelajaran memiliki keefektifan dan efesieni sebesar 80%, Reliabilitas (Kehandalan) 70% dan maintabilitas (pengolahan mudah) sebesar 80%. Produk ini juga mendapatkan tanggapan dari siswa dari segi kreatifitas dengan presentase sebesar 95%, inovatif sebesar 82.2% dan komunikatif sebesar 87.8% serta unggul dibanding media lain dengan presentase sebesar 80.8 %. Kata Kunci: Insturmen tes, Pendidikan Agama Islam, google forM
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? Hukum ?? ?? Hukum-Pidana-Islam ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 06:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 06:30 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13793 |
Actions (login required)
View Item |