PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH AL ARQAM PALEMBANG

MARYATI, MARYATI (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH AL ARQAM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Bab I.docx

Download (50kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (50kB)
[img] Text
Bab III.docx

Download (39kB)
[img] Text
Bab IV.docx

Download (105kB)
[img] Text
Bab V.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Audio pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Islamiyah Al Arqam Palembang”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya peningkatan pembelajaran menyimak yang selama ini masih bersifat konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Peneliti tertarik untuk menggunakan media audio dalam pembelajaran menyimak agar menjadi menarik dan menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Islamiyah Al Arqam Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat dengan menggunakan media audio pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Islamiyah Al Arqam Palembang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus, dengan menggunakan empat prosedur, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Islamiyah Al Arqam Palembang yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan alat pengumpul data berupa instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Islamiyah Al Arqam Palembang. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan keterampilan menyimak siswa mulai dari prasiklus, siklus 1, dan siklus II. Ketuntasan siswa dalam prasiklus adalah 27,78%, siklus 1 naik menjadi 66,67%, dan siklus II meningkat menjadi 88,89%. Sementara itu, nilai rata-rata siswa dalam prasiklus adalah 57,36; siklus 1 naik menjadi 70,97; dan siklus II meningkat menjadi 85,14. Kata Kunci: Keterampilan menyimak, cerita rakyat, media audio

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:33
Last Modified: 28 Sep 2021 06:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item