UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI KELAS IV MIN WONOREJO KECAMATAN KIKIM KIKIM BARAT KABUPATEN LAHAT

ROSIAH, ROSIAH (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DI KELAS IV MIN WONOREJO KECAMATAN KIKIM KIKIM BARAT KABUPATEN LAHAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I ROSIAH.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ROSIAH.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ROSIAH.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ROSIAH.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV MIN Wonorejo kec. Kikim Barat Kab. Lahat.     Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan di kelas IV MIN Wonorejo Kec. Kikim Barat Kab. Lahat.     Penelitian ini merupakan penelitian tindakan ( action research ) sebanyak tiga putaran. Yang dilakukan selama 2 bulan. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan strategi card sort, observasi aktivitas siswa dan guru serta tes formatif dan menggunakan analisis deskriptip kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi perubahan lingkungan mata pelajaran IPA di kelas IV MIN Wonorejo Lahat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan capaian skor total, pada pratindakan skor total hanya mencapai 1135, kemudian siklus 1 naik menjadi 1435 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 1650 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 1780, kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hal ini terlihat dari mulai pra siklus yang hanya 3 orang kemudian pada siklus naik menjadi 14 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 17 anak dan pada siklus 3 juga 21 anak kemudian peningkatan nilai, dimana pada pratindakan kemudian naik menjadi 68,3 disiklus 1, naik lagi menjadi 78,5 disiklus 2 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 84,7.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:35
Last Modified: 28 Sep 2021 06:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13897

Actions (login required)

View Item View Item