UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV MI NASHRIYAH TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI

Nursiah, Nursiah (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS IV MI NASHRIYAH TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I nursiah.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II NURSIAH GANTI buku.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III NURSIAH.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV NURSIAH SANA vresi nyau.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V nursiah.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV MI Nashriyah Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan apakah penerapan model Talking Stick pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nashriyah Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Dari masalah ini maka tujuanya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MI Nashriyah Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI dengan penerapan model Talking Stick pada pelajaran IPS. Penelitian mengambil subjek yaitu siswa kelas IV MI Nashriyah yang berjumlah 25 orang siswa. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka hasil observasi dan evaluasi dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Talking Stick pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nashriyah Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI hal ini dapat di lihat dari : sebelum diterapkannya model Talking Stick Perolehan nilai berdasarkan KKM adalah hanya 3 orang atau 12 % kemudian pada siklus naik menjadi 16 64% anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 25 anak atau 100% dan Peningkatan Nilai Rata-Rata. Sebelum diterapkannya model Talking Stick Perolehan nilai tes rata-rata siswa hanya mencapai 54.6. Dari 54.6 di pratindakan kemudian naik menjadi 67.8 di siklus 1, naik lagi menjadi 84.4 di siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:41
Last Modified: 28 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13964

Actions (login required)

View Item View Item