PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KELAS VII A DAN VII B PADA MATA PELAJARAN Al-QURAN HADITS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MTS NURUL MUHAJIRIN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

HABIBAH, NUR LAILA (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KELAS VII A DAN VII B PADA MATA PELAJARAN Al-QURAN HADITS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MTS NURUL MUHAJIRIN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I & BAB II RIGHT.rtf

Download (929kB)
[img] Text
BAB III profil RIGHT.rtf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV RIGHT.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RIGHT.rtf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di MTs Nurul Muhajirin Tanjung Lago. untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nurul Muhajirin Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin, sebelum tindakan dan setelah tindakan pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 siswa berdasarkan purposive sampling. Jumlah keseluruhan sampel adalah 23 siswa. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen terhadap kelas eksperimen dengan memberikan tes. Jadi metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah rumus tes ”t” Fisher’s dengan sampel independen. Dengan demikian, hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, Hasil belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran Aqidah Akhlak yang sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament mengalami peningkatan nilai Mean yang sangat jauh, dari hasil pre-test dan post-test siswa yaitu 57,83 (pre-test) meningkat menjadi 82,60 (post-test). Kedua, Ada korelasi positif atau pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa yang dapat diinterpretasikan bahwa Hipotesis Nihil ditolak r 5% = 0,413< 0,709> r 1% = 0,526 Ketiga, Ada perbedaan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Pre-test dan Post-test dalam mengikuti mata pelajaran Aqidah Akhlak yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament yang dapat diinterpretasikan bahwa Hipotesis Nihil ditolak tt5% > t0 < tt1% atau 2,05 > 1,15 < 2,77. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament. Ini berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:10
Last Modified: 29 Sep 2021 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

View Item View Item