KUALITAS TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RIDHO PALEMBANG

AMIN, MOHAMMAD FARHAN (2014) KUALITAS TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RIDHO PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
REVISI BAB I(fix) tanggal 7 septemberi 2014.docx

Download (48kB)
[img] Text
REVISI Bab II siap print 11 September 2014.docx

Download (55kB)
[img] Text
REVISI Bab III tanggal 11 september 2014.docx

Download (89kB)
[img] Text
REVISI BAB IV tanggl 11september 2014.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD IT Ar-Ridho Palembang, latar belakang pengambilan judul ini adalah kualitas tenaga kependidikan yang meliputi kompetensi dan kualifikasi tenaga kependidikan diharapkan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Secara keseluruhan proses pembelajaran dan administrasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu sudah baik kini dalam pengembangan menuju lebih baik lagi akan tetapi penulis menemukan kesenjangan pada Tenaga Kependidikan yang ada yakni bahwa salah satu Tenaga Kependidikan sekolah tersebut adalah lulusan sarjana hukum. Jadi itu merupakan sebuah kesenjangan antara harapan dan kenyataan dari kompetensi tenaga kependidikan yang diharapkan dan sesuai dengan standar mutu pendidikan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana kualitas tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang? Faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang? Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi objektif kualitas tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang dan Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata bukan angka-angka. Penelitian ini menggunakan metode riset lapangan (field research) dengan teknik analisis non statistik (analisis deskriptif) yang melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Peneliti mengambil seluruh populasi atau situasi sosial di SD IT Ar-Ridho Palembang. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta tekhnis analisis data yang digunakan adalah teori Miles and Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi objektif kualitas Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang dapat dikatakan baik, hal ini dilihat dari standar nasional pendidikan yang mewajibkan tenaga kependidikan di sekolah memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai. Kompetensi yang dimaksud meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi teknis dan kompetensi manajerial. Kualifikasi yang sesuai standar nasional pendidikan yakni tenaga kependidikan yang memiliki ijazah lulusan sekolah tinggi atau sederajat sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki. Faktor yang mempengaruhi kualitas tenaga kependidikan meliputi kemampuan yang dimiliki sesuai dengan spesialisasi, keterampilan tambahan untuk menunjang kemampuan yang dimiliki dan pendapatan yang memadai. Akan tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi kualitas tenaga kependidikan yaitu tingkat kenyamanan saat bekerja atau melaksanakan kegiatan administrasi di sekolah.s

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item