PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS BEBERAPA JENIS HEWAN DI KELAS VI MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG

RIDWAN, RAHMAD (2014) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CIRI-CIRI KHUSUS BEBERAPA JENIS HEWAN DI KELAS VI MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I pak ridwan ok.docx

Download (34kB)
[img] Text
bab II pak ridwan.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III ridwan.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV ridwan ok.docx

Download (148kB)
[img] Text
BAB V ridwan.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan di Kelas VI MI Fajar Siddik Palembang. Penelitian ini dilakukan karena sangat rendahnya hasil belajar siswa dan diikuti dengan kurangnya aktivitas siswa pada kegiatan proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang terdiri atas 5 (lima) bab. Sedangkan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas VI MI Fajar Siddiq Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran card sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Ciri-ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan di kelas IV MI Fajar Siddiq Palembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua ) siklus. Diawali dengan kegiatan prasiklus dan setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan (Pengumpulan Data), dan Refleksi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Fajar Siddiq Palembang yang berjumlah 22 orang siswa. Hasil penelitian pada pra siklus, siswa dengan ketuntasan belajar hanya 9 orang siswa (40,91%), dengan nilai rata-rata 62,73. Kemudian hasil penelitian pada siklus I dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 14 orang siswa (63,63%), dengan nilai rata-rata 75,45. Dan pada hasil penelitian pada siklus II dengan melihat skor nilai ketuntasan belajar meningkat mencapai semua siswa yaitu 22 orang siswa (100%), dengan nilai rata-rata 93,64. Maka setelah melihat perkembangan hasil belajar dan peningkatan ketuntasan belajar siswa pada materi Ciri-ciri Khusus Beberapa Jenis Hewan melalui diterapkannya model pembelajaran card sort terdapat peningkatan yang sangat signifikan pada prasiklus, siklus I, dan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:12
Last Modified: 29 Sep 2021 01:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14099

Actions (login required)

View Item View Item