POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBIASAKAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU PADA ANAK SD N 19 DI DESA TALANG KAPUR KEC. SEMBAWA KAB. BANYUASIN III

NOVALI, ADIDYA (2012) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBIASAKAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT LIMA WAKTU PADA ANAK SD N 19 DI DESA TALANG KAPUR KEC. SEMBAWA KAB. BANYUASIN III. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab I.doc

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (174kB)
[img] Text
Bab III.doc

Download (179kB)
[img] Text
Bab V.doc

Download (61kB)

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan tingkah laku pada anak, karena melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua anak akan mendapatkan pendidikan yang baik untuk menggali potensi dan bakat yang ada dalam diri anak yaitu potensi dan bakat ilmu pengetahuan tentang Agama Islam terutama dalam beribadah sholat lima waktu, yang sudah diwajibkan oleh Allah kepada hambanya agar kita hanya menyembah dan bertakwa kepada Allah. Maka dari itu harus ditanamkan pendidikan beragama Islam yang baik kepada anak agar kelak anak rajin dalam mejalankan perintah Allah dan rajin menjalankan sholat lima waktu.Melalui pola asuh orang tualah yang harus mengajarkan dan menanamkan pada diri anak bagaimana, memahami, dan mengendalikan perasaannya sendiri dan orang lain, bersimpati, sopan santun, disiplin, bertanggung jawab dan membiasakan sholat lima waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman orang tua terhadap pola asuh yang baik untuk memberikan dan membiasakan pada anak dalam menjalankan ibadah sholat pada anak di Desa Talag Kapur terutama aak SD N 19 Talang Kapur. Bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak untuk membiasakan sholat pada anak dan bagaimana pola asuh yang diterapkan orang tua ke anak dalam membiasakan anak menjalankan sholat lima waktu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan data dari lapangan dengan kata-kata atau kalimat untuk memperoleh kesimpulan. Dari pengumpulan data yang diteliti dengan teori yang ada, penulis menyimpulkan bahwa pola asuh orang tua dalam membiasakan sholat lima waktu pada anak masih kurang baik, karena orang tua lebih mementingkan pekerjaan dari pada memberikan atau membimbing anaknya untuk mengerjakan sholat. Orang tua cukup memasukan anaknya ke sekolah dan ke TPA untuk memberikan pendidikan Agama Islam terutama sholat lima waktu. Ini dikarenakan juga orang tua kurang memiliki pemahaman tentang pola asuh yang baik untuk mendidik anak terutama tentang bagaimana mengerjakan sholat. Kurangnya pemahaman orang tua terhadap pola asuh yang baik ini dipengaruhi oleh beberapa latar belakang, yaitu pendidikan orang tua yang tidak selesai, ada yang sampai SD, ada yang SMP, sebagian ada yang sampai SMA. Maka dari itu orang tua mendidik anaknya hanya seadanya saja selebihnya mereka menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya ke sekolah dan pengajian, dan orang tua hanya bekerja untuk sekolah anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:16
Last Modified: 29 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item