PERBEDAAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BELUM DAN SUDAH SERTIFIKASI DI MAN 1 PALEMBANG

HASANAH, USWATUN (2012) PERBEDAAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM YANG BELUM DAN SUDAH SERTIFIKASI DI MAN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, IAIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV & V.doc

Download (189kB)

Abstract

Sertifikasi merupakan uji kompetensi bagi guru atau calon guru sebagai tanda bukti formal atau pengakuan sebagai tenaga profesional. Oleh karena itu dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam, mereka harus ikut serta dalam program pemerintah yaitu sertifikasi. Secara spesifik penelitian ini berjudul “Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Yang Belum dan Sudah Sertifikasi di MAN 1 Palembang”. Penulis melakukan penelitian ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang cenderung lebih efektif yang diajarkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi, ini bisa dilihat dari metode, media yang digunakan, penguasaan materi ajar dan pengelolaan kelas ketika proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu penulis mencoba mendeskripsikan permasalahan tersebut sebagai berikut: Bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi di MAN 1 Palembang? Bagaimana kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang sudah sertifikasi di MAN 1 Palembang? Adakah perbedaan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang belum dan sudah sertifikasi di MAN 1 Palembang? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang belum dan sudah sertifikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang yang berjumlah 8 orang. Data yang dipergunakan yaitu terdiri dari dua jenis data, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif meliputi data tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Palembang, latar belakang berdiri MAN 1 Palembang dan data kuantitatif meliputi data yang berdasarkan data statistik dengan menguji teori yang ada, jumlah guru, jumlah siswa dan jumlah sarana prasarana MAN 1 Palembang, sedangkan sumber data penulis peroleh, pertama data primer dihimpun yang berkenaan dengan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi dan yang sudah sertifikasi, kedua data sekunder yaitu data diperoleh dari arsip-arsip dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Dengan penganalisisan menggunakan rumus statistik, yaitu rumus tes “t” untuk mengetahui perbedaan kompetensi guru PAI yang belum dan sudah sertifikasi. Dari analisis data diperoleh kesimpulan yaitu: pertama kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang belum sertifikasi dalam kategori tinggi mencapai 75% yaitu 3 orang guru. kedua kompetensi guru Pendidikan Agama Islam yang sudah sertifikasi di MAN 1 Palembang dalam kategori tinggi mencapai 100% yaitu 4 orang guru. Ketiga tidak ada perbedaan yang signifikan kompetensi antara guru Pendidikan Agama Islam yang belum dan sudah sertifikasi di MAN 1 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari besarnya perolehan to lebih kecil dari ttabel, baik pada taraf signifikan 1% maupun 5%, dengan perincian 2,45>0,31<3,71.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:18
Last Modified: 29 Sep 2021 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item