UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA HURUF ABJAD DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF DI RA HARUM PALEMBANG

Ridayanti, Risma (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA HURUF ABJAD DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF DI RA HARUM PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I risma.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II risma.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III RISMA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV RISMA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V RISMA.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul :Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Huruf Abjad dengan Menerapkan Media Pembelajaran Flanelgraf di RA Harum Palembang. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah apakah penerapan media Flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf abjad di RA Harum Palembang dan bagaimana kemampuan siswa dalam membaca huruf abjad di RA Harum Palembang dengan menerapkan media Flanelgraf Sementara tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media Flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca huruf abjad di RA Harum Palembang dan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca huruf abjad di RA Harum Palembang dengan menerapkan media Flanelgraf Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Yang dilakukan selama bulan Januari dan Februari 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompk B di RA Harum Palembang yang berjumlah 17 orang anak. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan pembelajaran media flanelgraf, observasi aktivitas siswa dan guru dan menggunakan analisis deskriptip kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam belajat. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Flanelgraf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca huruf abjad pada anak kelompk B di RA Harum Palembang.Hal ini dapat dilihat dari : Peningkatan Nilai Kemunculan dalam belajar yaitu pada prasiklus yang belum muncul (BM) dapat diketahui 13 anak dari 17 anak atau 76%, Mulai Muncul (MM) ada 2 anak atau 11%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak atau 11% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) tidak ada. Kemudian siklus 1 yang belum muncul (BM) dapat diketahui 6 anak dari 17 anak atau 35.2%, Mulai Muncul (MM) ada 4 anak atau 23.5, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 6 anak atau 23.5% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 1 anak atau 5.8%. Kemudian siklus 2 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) ada 4 anak atau 23.5%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 11 anak atau 64.7% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 2 anak atau 11.7% dan siklus 3 yang belum muncul (BM) dapat diketahui tidak ada, Mulai Muncul (MM) tidak ada, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 8 anak atau 47.95 dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 9 anak atau 52.9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:24
Last Modified: 29 Sep 2021 01:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item