SARI, LIDIA (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI MACAM MACAM SUJUD KELAS VIII DI SMP NEGERI KECAMATAN KARANG DAPO KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB 1.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (2MB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
Abstract
Pelaksanaan proses belajar mengajar kelas VIII di SMP Negeri Karang Dapo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Melalui penerapan metode pembelajaran Group Investigation ini diharapkan mampu memaksimalkan hasil belajar siswa. Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMP Negeri Karang Dapo untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diterapkan dan yang tidak diterapkan penerapan metode pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, juga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Group Investigation dan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran Group Investigation baik sebelum maupun setelah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Karang Dapo. Adapun penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent control group design. untuk kelas VIIIa sebagai eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas VIIIc sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Adapun jenis dan sumber data dari penelitian ini ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif serta data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Setelah diadakan uji hipotesis dengan perhitungan uji t yang menghasilkan thitung = 1.988 dan ttabel = 0.406 dengan taraf signifikan α = 5% maupun α = 1%, sehingga didapat thitung > ttabel. Maka kesimpulannya adalah Hipotesis nihill (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif diterima. ini berarti dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni, perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Group Investigation dan yang tidak digunakan metode Group Investigation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14299 |
Actions (login required)
View Item |