PENERAPAN PENILAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs PONDOK PESANTREN QODRATULAH PUTRI DESA LANGKAN KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

Kasih, Windha Hendra (2019) PENERAPAN PENILAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2013 TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTs PONDOK PESANTREN QODRATULAH PUTRI DESA LANGKAN KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
cover-abstrak-dikonversi.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang penelitian ini mmbahas tentang “Penerapan Penilaian Sikap Pada Kurikulum 2013 Terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Qoratullah Putri Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin”. SKL SMP/MTs untuk domain sikap memiliki prilaku yang mencerminkan sikap, beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penilaian sikap pada kurikulum 2013 terhadap akhlak siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Qodratullah Putri Desa Langkan Keccamatan Banuasin III Kabupaten Banyuasin. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah satu variabel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kuantitatif. Dengan pendekatan kuantitatif deskriftif Sedangkan populasi yang digunakan adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Qodratullah Putri desa Langkan berjumlah 20 orang,dan sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 20 guru dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penerapan penilaian sikap pada kurikulum 2013 terhadap akahlak siswa di MTs. PP.Qodratullah Putri Desa Langkan tergolong sedang. Dengan kata lain sebagian besar penerapan penilaian sikap pada kurikulum 2013 terhadap akhlak siswa di MTs. PP. Qodratullah Putri Desa Langkan belum maksimal. karena sebagian guru di madrasah masih ada yang kesulitan, tidak memahami dan tidak melaksanakan penilaian karena sulit membagi waktu antara menyiapkan materi, media, membuat peragkat pembelajaran dan mengevaluasi siswa. Lalu penggunaan instrument yang masih ada sebagian guru yang menggunakan instrument penilaian, indicator penilaian sikap tidak sesuai dengan KI dan KD yang sudah ditetapkan. Selain itu juga bentuk penilaian sikap yang digunakan hanya penilaian observasi, sebagian guru jarang atau tidak pernah menggunakan bentuk penilaian diri dan antarteman. Sehingga penilaian sikap hanya berdasarkan penilaian guru tanpa diimbangi pendapat siswa sehingga muncul ketidak sesuaian antara hasil akhir penilaian sikap yang dinialai guru dengan sikap yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2021 09:04
Last Modified: 30 Sep 2021 09:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item