PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANGKA BARAT PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SDN 13 TEMPILANG

Puspitasari, Putri (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BANGKA BARAT PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA DI KELAS IV SDN 13 TEMPILANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Pengembangan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV SDN 13 Tempilang”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV yang valid, (2) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV praktis, (3) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV yang efektif. Metode dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahap yaitu analysis, Desgin, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi.Hasil dari kepraktisan dan efektivitas dihitung menggunakan Skala Likert dengan rumus hitung rata-rata Gainscore, sedangkan uji validitas menggunakan rumus hitung rata-rata hasil uji validasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 13 Tempilang dengan jumlah siswa 8 orang. Maka kesimpulan dari penelitian ini: (1) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV yang valid dilihat dari angket kevalidan oleh 3 validator: ahli materi dengan perolehan skor 85,75; ahli desain dengan prolehan skor 79,7; ahli bahasa dengan prolehan skor 84,4. (2) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV yang praktis dengan persentase rata-rata 91,5 dengan kategori sangat baik (3) Menghasilkan bahan ajar berbasisi kearifan lokal Bangka Barat pada subtema keberagaman budaya di kelas IV yang efektif dengan rata-rata nilai gain 0,77 dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci: Bahan Ajar, Kearfian Lokal Bangka Barat, Bersyukur Atas Keberagaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Kearfian Lokal Bangka Barat Bersyukur Atas Keberagaman
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Oct 2021 02:01
Last Modified: 11 Oct 2021 02:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item