PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH PALEMBANG

SURADI, SURADI (2018) PELAKSANAAN PROGRAM KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN MUQIMUS SUNNAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

STRAK Penelitian ini mengambil judul “Pelaksanaan Program Keterampilan Berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang”. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang ? Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang.. Penelitian ini bersifat deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. Adapun jenis data dalam penelitian adalah data kualitatif artinya data yang berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder, data primer terdiri dari kepala madrasah bahasa, guru bahasa Arab dan santri sedangkan data skunder yaitu sejumlah data penunjang berupa dokumentasi, arsip dan literatur�literatur yang berkenaan dengan penelitian yang dibahas. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pada saat proses pembelajaran di kelas. Misalnya mengajak bicara pada siswa dengan menggunakan bahasa Arab tentang tema-tema yang ringan. Setelah itu guru menerangkan tema apa yang akan dibahas pada pertemuan tersebut. Kemudian guru memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum difahami. Sedangkan yang kedua dilakukan di luar kelas atau pada waktu tertentu yang sudah dijadwalkan oleh bagian pembinaan bahasa Arab. Dan Kegiatan ini rutin dilakukan setiap ba’da Isya dan sesudah sholat dzuhur dan setiap jum’at pagi. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan program keterampilan berbahasa Arab ini antara lain: faktor peserta didik, faktor guru, dan faktor sarana prasarana perpustakaan. Faktor penghambat dalam program keterampilan berbahasa Arab disini antara lain: Sebagian santri ada yang takut, malas dan motivasi yang rendah, juga guru terlalu cepat dalam menyampaikan materi, dan pemilihan metode yang monoton serta waktu yang singkat. Selain itu fasilitas yang belum mendukung dan lingkungan yang belum terbentuk untuk melaksanakan program keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:50
Last Modified: 21 Oct 2021 01:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17661

Actions (login required)

View Item View Item