Pengembangan Buku Al-Afal Al-Yaumiyah dalam Pembelajaran Mufrodat Berbasis Learning Cycle untuk Siswa di MA Ar- Riyadh Palembang

Fadhil, A. Lutfhi (2020) Pengembangan Buku Al-Afal Al-Yaumiyah dalam Pembelajaran Mufrodat Berbasis Learning Cycle untuk Siswa di MA Ar- Riyadh Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V SKRIPSI & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Ahmad Luthfi Fadhil (1642600001). Pengembangan Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah menggunakan pendekatan Learning Cycle untuk Siswa Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang. Skripsi, Palembang: Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Fatah Palembang. Pembimbing 1. Dr. Mukmin, M.Pd.I. Pembimbing 2. Irmansyah, M.Pd.I. 2020 Kata Kunci : Pengembangan, Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah, Learning Cycle Pembelajaran yang efektif harus memiliki acuan sumber belajar, penyediaan buku ajar mufrodat yang baik dan sesuai dengan kondisi siswa dewasa ini cukup langka, kebanyakan hanya mementingkan penghafalan tanpa penerapan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi adanya kesenjangan kondisi ideal dan kondisi real dilapangan khususnya masalah pada pembelajaran mufrodat yang baik. Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah merupakan salah satu buku acuan dalam pembelajaran mufrodat, terdapat 540 fi’il yang tersusun dalam 18 bab bergradasi dari mufrodat yang paling sering muncul dalam muhadatsah sehari-hari sampai yang jarang muncul. siswa dituntut agar mampu untuk menghafal semua fi’il yang berada dalam Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah akan tetapi siswa-siswa tersebut masih banyak yang belum bisa menerapkan apa yang mereka hafal ke dalam muhadatsah sehari-hari. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini sebagai upaya menjadikan sumber belajar yang mampu membantu memudahkan para pembacanya dalam pemahaman dan penerapan. Desain penelitian menggunakan desain Research and Development R&D atau penelitian pengembangan dengan tahapan terdiri dari: (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desai (6) uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini yaitu penilaian ahli materi terhadap kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, dari aspek isi/materi skor 85% dan aspek pembelajaran skor 87,5% yang menunjukan sangat baik dan ahli media dari aspek tampilan 84,3%dan aspek penggunaan skor 87,5% yang menunjukan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba pada kelas kontrol skor 71,76% dan pada kelas Eksperimen skor 82,3% . berdasarkan hasil analisis dengan SPSS 22 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai uji coba pengambil keputusan dalam uji T Test maka bahan ajar berpengaruh dalam proses pembelajaran serta bahan ajar tersebut sangat membantu siswa dalam memahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kitab Al-Af’al Al-Yaumiyyah Learning Cycle
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:30
Last Modified: 26 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18095

Actions (login required)

View Item View Item