PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL ‘ADLI PALEMBANG

APRIANSYAH, ANDIKA (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MI AL ‘ADLI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Video Animasi dapat menciptakan suasana belajar lebih interaktif, kualitas pengajaran menjadi meningkat, sikap positif siswa terhadap apa yang dipelajari dapat ditingkatkan, dapat mengubah peran positif guru, serta memotivasi dan membangkitkan kemauan untuk bertindak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media video animasi pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI Al ‘Adli Palembang; motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI Al ‘Adli Palembang; dan pengaruh signifikan penggunaan video animasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI Al ‘Adli Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain Posstest-Only ControlDesign. Pada penelitian ini, ada kelompok eksperimen dan ada kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen dikenai perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan Media Video Animasi dan pada kelompok kontrol tidak dikenai perlakuan. Pada akhir penelitian kedua kelompok dikenai posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu kelompok kelas eskperimen sebanyak 33 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pernyataan dengan skala likert untuk mengukur motivasi belajar siswa dan juga lembar observasi motivasi siswa selama belajar. pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (t-paired test). Hasil penelitian ini terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan video animasi memiliki nilai rata-rata 81,12 dan kelompok kontrol yang tidak diberikan intervensi hanya sebesar 75,36. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai t sebesar 6,494 dan sig. 0,000. Nilai thitung 6,494 > ttabel 1,66901. Sedangkan nilai Sig. yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pembelajaran IPA kelas IV di MI Al ‘Adli Palembang Kata kunci : Media Video Animasi , Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Metode mengajar dan belajar > Alat peraga dalam pengajaran termasuk penggunaan komputer
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:04
Last Modified: 13 Dec 2021 02:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18777

Actions (login required)

View Item View Item