PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 1 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN

SUCIATI, ZARIA AYU (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 1 TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Berbagai upaya dilakukan agar pendidikan di Indonesia meningkat. Salah satunya semakin banyak metode dan strategi yang dilakukan agar pembelajaran lebih efektif dan siswa tidak bosan. Latar belakang pada penelitian ini adalah kurangnya motivas belajar peserta didik kelas V.B di SD Negeri 1 Talang kelapa melalui strategi role playing. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya Penerapan strategi pembelajaran role playing dalam meningkatkan motivasi peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin . Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu : melakukan pretest dan pemberian angket, memberikan treatment (X) dan melakukan posttest dan pemberian angket. Penelitian ini menggunakan 4 teknik pengumpulan data yaitu, observasi, test, angket dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan “uji t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa memiliki peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan strategi role playing di SDN 1 Talang Kelapa hal ini dibuktikan dengan sebelum diterapkan strategi role playing meliputi 3 kategori, persentase 26% (tinggi) ada 3 peserta didik, 48% (sedang) ada 4 peserta didik dan 26% (rendah) ada 3 peserta sedangkan motivasi belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi role playing meliputi 3 kategori, 26% (tinggi) ada 3 peserta didik, 50% (sedang) ada 5 peserta didik dan ada 24% (rendah) ada 2 peserta. Kata Kunci : Strategi, Role Playing, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:45
Last Modified: 29 Dec 2021 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item