PERAN INFLUENCER TERHADAP PERKEMBANGAN ONLINE SHOP DIERA DIGITALISASI DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA INFLUENCER KOTA PALEMBANG)

SARI, INDAH PERMATA (2021) PERAN INFLUENCER TERHADAP PERKEMBANGAN ONLINE SHOP DIERA DIGITALISASI DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA INFLUENCER KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dpustaka.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan pasar yang semakin meluas. Hadirnya teknologi kedunia kewirausahaan membawa peluang yang positif sehinga semakin bersaing dalam bisnis. Dengan adanya dampak tersebut menjadikan pelaku bisnis untuk mencari inovasi, salah satunya mengembangkan kewirausahaan yang ditekuni kearah digitalisasi. Dengan jaringan internet menjadikan kewirausahaan yang semakin mudah dijangkau melalui media sosial atau platform lainnya. Bukan hanya itu, internet menghadirkan influencer sebagai media promosi dalam menunjang perkembangan suatu kewirausahaan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, melalui metode etnografi virtual, adapun penggalian datanya yang bersumber di cyber space. Fokus penelitian pada kewirausahaan yang melakukan pemasaran melalui internet atau online shop, dan influencer media sosial yang aktif di Instagram. Dengan menggunakan purposive sampling dalam memilih reponden yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil dari penelian bahwa kesuksesan atau kegagalan kewirausahaan dipengaruhi karena adanya karakteristik seperti percaya diri dan optimis, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko dan menyukai suatu tantangan, adanya jiwa kepemimpinan, mempertahankan keaslian serta beorientasi pada masa depan. Semakin meningkatnya persaingan, menjadikan pelaku usaha bekerja sama dengan influencer. Adanya pengaruh dari jumlah pengikut dari influencer menjadi target untuk memperkenalkan produknya. Dalam pandangan islam kerja sama antara influencer dengan kewirausahaan diperbolehkan, apabila berdasarkan syariat islam, memiliki manfaat untuk masyarakat, serta tidak merugikan satu sama lain. Adapun tantangan yang dihadapi para influencer yaitu profesionalitas dalam bekerja, menghadapi kritikan para pengguna akun, memberikan review suatu produk dengan efektif, dan mengendalikan pengaruh era digital ketika berkarya. Semakin canggihnya teknologi memperngaruhi persaingan kewirausahaan. Banyaknya strategi yang digunakan membuat pelaku usaha bekerja sama dengan influencer. Melalui daya tarik, kepercayaan, dan juga keahlian influencer dapat membantu dalam meningkatkan perkembangan kewirausahaan dengan mengubah tantangan menjadi peluang. Kata Kunci : Influencer, Online Shop, Era Digitalisasi, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:43
Last Modified: 31 Dec 2021 07:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item