LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENGATASI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Tanjung Keling Kelurahan Burung Dinang Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam.

ANGGRIANI, NOVITA (2021) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TERAPI MENULIS UNTUK MENGATASI KECEMASAN DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 : Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Tanjung Keling Kelurahan Burung Dinang Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (527kB)
[img] Text
2.pdf

Download (568kB)
[img] Text
3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
4.pdf

Download (697kB)
[img] Text
5.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (160kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Layanan Konseling Individu dengan Terapi Menulis Untuk Mengatasi Kecemasan Dalam Menghadapi Penbelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus pada Remaja di Desa Tanjung Keling Kelurahan Burung Dinang Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam.Corona Virus Disease 2019atau disebut Covid-19 yang tengah mewabah diseluruh dunia termasuk Indonesia memberikan dampak pada kesehatan fisik, psikis dan cara hidup sehari-hari bagi seluruh kalangan termasuk remaja. Maraknya berita mengenai Covid-19, peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 serta lockdown dan belajar daring membuat remaja mengalami kecemasan. Adapun yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kecemasan remaja dalam menghadapi belajar daring dimasa pandemi Covid-19, apa yang menyebabkan remaja mengalami kecemasan dalam menghadapi belajar daring serta Bagaimana Penerapan layanan konseling individu dengan terapi menulis untuk mengatasi kecemasan remaja dalam mengahdapi belajar daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga remaja, peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan menggunakan metode analisis data reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa gambaran kecemasan pada ketiga remaja dari hasil wawancara yang dilakukan pada ketiga remaja dan orang tuanya, remaja mengalami kecemasan sesuai dengan aspek kecemasan dan indicator yang tejadi seperti aspek perubahan fisik, kognitif dan afektif, faktor yang menyebabkan ketiga remaja mengalami kecemasan dalam meghadapi belajar daring dimasa pandemi Covid-19 karena adanya persepsi tentang covid-19 yang merupakan virus yang berbahaya, kemudian proses belajar daring dan berita tentang covid-19 di media sosial ataupun TV yang menyebabkan terjadinya ketakutan dan kekhawatiran berlebih pada ketiga remaja sehingga mengalami kecemasan. Namun setelah melakukan tahapan terapi menulis ketiga remaja nampak lebih legah dan dapat meminimalisir perasaan ketakutan yang berlebih dengan menerima situasi dan kondisi yang tengah terjadi dimasa pandemi saat ini, menyikapi perubahan yang terjadi dilingkungan Karena pandemi Covid-19.Hasil evaluasi peneliti setelah melakukan layanan konseling individu dengan terapi menulis kepada ketiga remaja, hasilnya ketiga remaja mengalami perubahan yang lebih positif, berkurangnya kecemasan dan lebih legah setelah meluangkan perasaan dan semosiemosi negative yang mengganggu pikiran dan perasaannya. Kata Kunci :Layanan Konselin Individu, Terapi MenuLIS

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:05
Last Modified: 05 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18917

Actions (login required)

View Item View Item