PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 02 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG

NOPIASARI, SELPI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 02 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
2.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3.pdf

Download (944kB)
[img] Text
4.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (22kB)

Abstract

Hasil juga bisa diartikan adalah bila seseorang telah terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Pendidikan Islam ialah berusaha untuk untuk membentuk manusia yang berkepribadian kuat dan baik (akhlakul karimah). Metode student facilitator and explaining menjadikan siswa sebagai facilitator dan diajak berfikir secara kreatif sehingga menghasilkan pertukaran informasi yang lebih mendalam dan lebih menarik sehingga menimbulkan percaya diri bagi siswa untuk menghasilkan karya yang untuk diperlihatkan kepada teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Peningkatan hasil belajar PAI melalui metode student facilitator and explaining Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat. Penelitian eksperimen ini menggunakan true experimental dengan posttest-only control designs. Teknik pengumpulan data yang dilakukkan pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu peningkatan hasil belajar PAI melalui metode student facilitator and explaining pada siswa kelas V Sd Negeri 02 Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Hasil penelitian menunjukkan ada selisih nilai rata rata antara hasil belajar metode student facilitator and explaining kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan. Bahwa mean (nilai rata-rata) dari skor jawaban peserta didik kontrol adalah 12,66 selisih 2,33 lebih sedikit dari pada kelompok perlakuan sebesar 15,89. Faktor penghambat dan pendukung faktor internal yakni kecakapan, minat, bakat, usaha, motivasi, perhatian, kelemahan, kesehatan dan kebiasaan siswa. Faktor eksternal yakni faktor yang berasal dari luar individu seperti guru pelaksanaan pembelajaran dan teman sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:14
Last Modified: 10 Jan 2022 02:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18946

Actions (login required)

View Item View Item