PENGARUH PEMAHAMAN KOSAKATA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH MUALIMIN MUALLIMIN MUALIMAT SABILUL HASANAH BANYUASIN

ALANANDA, MEISHIN (2021) PENGARUH PEMAHAMAN KOSAKATA DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH MUALIMIN MUALLIMIN MUALIMAT SABILUL HASANAH BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (420kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti melihat terdapat gejala yang mempengaruhi kemampuan Literasi Bahasa Arab siswa di Madrasah Muallimin Muallimat Sabilul Hasanah Banyuasin. Dugaan peneliti terkait adanya pengaruh Pemahaman Kosakata dan Gaya Belajar terhadap kemampuan Literasi siswa di dukung oleh aktifnya siswa dalam proses pembelajaran selain itu terdapat penerapan lingkungan bahasa Arab di Madrasah Muallimin Muallimat Sabilul Hasanah Banyuasin . Dan adapun tujuan penelitian ini, pertama : untuk mengetahui pengaruh pemahaman kosakata terhadap kemampuan literasi bahasa arab siswa di madrasah mualimin muallimat sabilul hasanah banyuasin, kedua untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan literasi bahasa arab siswa di madrasah muallimin muallimat sabilul hasanah banyuasin, dan ketiga pengaruh pemahaman kosakata dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi bahasa arab siswa di madrasah muallimin muallimat sabilul hasanah banyuasin. Penelitian ini menggunakan Metode Survey. Dengan pendekatan kuantitatif. Pada tahap pertama, penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan tes atau menguji langsung kemampuan Literasi dan pemahaman kosakata juga pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui gaya belajar siswa . Dengan bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pemahaman kosakata dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi bahasa Arab siswa di Madrasah Muallimin Muallimat Sabilul Hasanah Banyuasin yaitu kelas XI yang berjumlah 02 siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji Two Way Anova dengan SPSS. Serta menggunakan regresi linear untuk menunjukkan signifikansi dari hasil tes. Berdasarkan hasil yang di dapat dari analisa kuantitatif, terdapat pengaruh antara pemahaman kosakata dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan Literasi bahasa arab .Hasil penelitian menunjukan bahwa, sebanyak 22,05 peserta didik memiliki gaya belajar visual, sebanyak 02,05 peserta didik memiliki gaya belajar auditorial, dan 06,05 peserta didik memiliki gaya belajar kinestetik. Secara umum, peserta didik cendrung memiliki gaya belajar visual. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa gaya belajar mempunyai pengaruh terhadap kemampuan literasi bahasaarab siswa, gaya belajar mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 205 terhadap kemampuan literasi bahasa arab siiswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil tes untuk variabel pemahaman kosakata dan kemapuan literasi dan angket untuk gaya belajar yang dilakukan untuk penelitian. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman kosakata dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi bahasa arab siswa di madrasah muallimin muallimat sabilul hasanah banyuasin. Hal ini ditunjukan dengan memiliki nilai diperoleh nilai sebesar r = 66900. R Square (Korelasi Koefisien) sebesar 662,0 % Hal ini ditunjukkan oleh X9,X2 terhadap Y sebesar 660,0 < 6660 dan nilai Fhitung 663,0 > Ftabel 2060 sehingga dapat disimpulkan bahwa H9 diterima dan H6 ditolak.. Yang artinya terdapat pengaruh X9,X2 secara signifikan terhadap Y. nilai tersebut memiliki implikasi bahwa pemahaman kosakata dan gaya belajar terhadap kemampuan literasi bahasa arab siswa sebesar 0,60. Hal ini disebabkan karena mayoritas siswa memiliki gaya belajar visual yang mana cendrung memperhatikan, lebih mudah mengingat dan memahami dalam hal kosakata, dan juga lebih suka membaca. Dengan demikian akan mempermudah mereka dalam memahami kosakata, dan sehingga siswa mampu mengaplikasikan kemampuan literasi bahasa arab dengan baik. Jadi apabila pemahaman kosakata baik, dan dipadukan dengan gaya belajar visual maka akan terciptalah kemampuan literasi bahasa arab yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:18
Last Modified: 11 Jan 2022 06:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18972

Actions (login required)

View Item View Item