HUBUNGAN ANTARA PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH DENGAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI TK-TPA AL-IKHLAS KELURAHAN KARANG JAYA KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG

SARI, MUTIA (2021) HUBUNGAN ANTARA PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH DENGAN PERILAKU SOSIAL SANTRI DI TK-TPA AL-IKHLAS KELURAHAN KARANG JAYA KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

Jika sejak usia dini anak-anak sudah dibiasakan melaksanakan sholat berjamaah maka akan berpegaruh baik ketika dewasa nanti, dengan pembiasaan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan pengalaman beragama dan perilaku anak, yang akhirnya akan menjadi kebiasaannya sehari-hari. Perilaku sosial anak menggambarkan perlakuan yang mereka terima dari keluarga, untuk itulah pentingnya peran orangtua serta guru untuk menanamkan pembiasaan yang baik pada anak untuk menumbuhkan dan mengembangkan perilaku sosial dan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pembiasaan sholat maghrib dan isya berjamaah dengan perilaku sosial santri di TK-TPA Al-Ikhlas Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Gandus Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah santri TPA (Al-Qur’an) di TK-TPA Al-Ikhlas Palembang berjumlah 42 santri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan yaiu analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pembiasaan sholat berjamaah dengan perilaku sosial santri. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai koefisien determinasi sebesar 0,356 yang berarti pembiasaan sholat berjamaah memberikan pengaruh sebesar 35,6% terhadap perilaku sosial santri, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis analisis regresi sederhana diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan nilai thitung = 4,704 dan ttabel = 2,021 dan pada taraf signifikansi 0,05, maka nilai thitung > ttabel. Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pembiasaan sholat maghrib dan isya berjamaah dengan perilaku sosial santri. Dengan kesimpulan, Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Pembiasaan, Pembiasaan Shalat Berjamaah, Perilaku Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Pembiasaan Shalat Berjamaah Perilaku Sosial
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:52
Last Modified: 13 Jan 2022 05:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19028

Actions (login required)

View Item View Item