PENGARUH KEDISIPLINAN DAN SIKAP BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DI' AYATUL ISLAMIYAH SERIGUNA

ANDARI, ANDARI (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN SIKAP BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DI' AYATUL ISLAMIYAH SERIGUNA. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (772kB)

Abstract

Kata Kunci : Kedisiplinan, Sikap Bahasa, Keterampilan Berbicara………………... Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kedisiplinan siswa yang baik di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna dan siswa yang mempunyai sikap bahasa yang baik. Hal itu dibuktikan pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa salah satunya adalah kedisiplinan dan sikap bahasa siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan terhadap keterampilan berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna. Untuk mengetahui pengaruh Sikap Bahasa terhadap Keterampilan Berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna. Untuk mengetahui pengaruh Kedisiplinan dan Sikap Bahasa terhadap Keterampilan Berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna OKI.. Peneliti memilih pendekatan Kuantitatif dan metode Survei karena peneliti akan meneliti pengaruh dari variable Kedisiplinan dan sikap bahasa terhadap keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan sikap bahasa terhadap keterampilan berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna OKI. Hal ini ditunjukkan oleh interpretasi dari koefisien regresi variabel kedisiplinan memiliki tanda positif (0,197), karena siswa yang mengikuti proses pembelajaran dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan baik ternyata mampu untuk melafalkan bahasa Arab dengan intonasi yang sesuai dengan apa yang dibicarakan. Dengan demikian hipotesis diterima. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap bahasa terhadap keterampilan berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna OKI. Hal ini ditunjukkan oleh interpretasi dari koefisien regresi variabel sikap bahasa memiliki tanda positif (0,192), karena siswa mampu memilih bahasa yang tepat dan siswa memiliki rasa bangga ketika dapat berbicara bahasa Arab ternyata mampu mengekspresikan percakapan bahasa Arab dengan baik. Dengan demikian hipotesis diterima. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dan sikap bahasa terhadap keterampilan berbicara siswa di MTS Di’ayatul Islamiyah Seriguna OKI. Hal ini ditunjukkan oleh nilai fhitung 43,070 > ftabel 3,12 dan nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05. Maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai R2 sebesar 0,535, nilai tersebut memiliki implikasi bahwa kedisiplinan dan sikap bahasa secara simultan terhadap keterampilan berbicara sebesar 53,5 %. Hal ini disebabkan karena siswa yang dapat mengatur waktu belajar dengan baik akan memudahkannya dalam menghafal kosakata bahasa Arab. Hal ini ditambah juga dengan adanya sikap bahasa, sehingga siswa mampu menumbuhkan kesadaran akan norma bahasa. Kemudian menuangkannya sebagai ungkapan dalam bentuk percakapan bahasa Arab. Jadi apabila kedisiplinan disertai dengan sikap bahasa yang baik maka keterampilan berbicara siswa akan semakin baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Sikap Bahasa Keterampilan Berbicara
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:46
Last Modified: 18 Jan 2022 04:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item View Item