PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DI PONDOK PESANTREN AL-AZHAR ASSYARIF SRIGUNUNG MUSI BANYUASIN

RIANI, RIANI (2021) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DI PONDOK PESANTREN AL-AZHAR ASSYARIF SRIGUNUNG MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (638kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam mempelajari ilmu bahasa Arab. Dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa peserta didik di Pondok Pesantren Al-Azhar Assayrif memiliki keterampilan menulis yang baik. Hal ini diprediksi adanya faktor yang mempengaruhi, yaitu kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa. Adapun tujuan dari peneltian ini, pertama ; untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis di Pondok Pesantren Al-Azhar Assayrif, kedua untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis di Pondok Pesantren Al-Azhar Assayrif, dan ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis di Pondok Pesantren Al-Azhar Assayrif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode survei dan pendekatan kuantitatif, melalui langkah-langkah sebagai berikut; peneliti mengumpulkan data kuantitaif dengan menggunakan angket dan tes. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi dan regresi (tunggal dan ganda) serta analisis determinasi (uji F). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, pertama adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis siswa di Pondok Pesantren Al-Azhar Assyarif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel (731,7 > ,307) dan nilai signifikansi 00000 < 0005 oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Kedua, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis siswa di Pondok Pesantren Al-Azhar Assyarif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel (7305, > ,307) dan nilai signifikansi 00000 < 0005 oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Ketiga adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis siswa di Pondok Pesantren Al-Azhar Assyarif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung > Ftabel (13108 > ,307) dan nilai signifikansi 00000 < 0005 oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai R0 square adalah sebesar 00507, nilai tersebut memiliki implikasi bahwa variabel kebiasaan membaca dan kemampuan berpikir kritis secara simultan terhadap variabel keterampilan menulis sebesar 72355. Jadi, apabila kebiasaan membaca disertai dengan kemampuan berpikir kritis yang baik maka keterampilan menulis akan semakin baik pula. Kata Kunci : Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:47
Last Modified: 18 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item