PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN (STUDI KASUS MASYARAKAT MUSLIM DI KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG)

Susanti, Rani (2021) PENGARUH LABEL HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM KEMASAN (STUDI KASUS MASYARAKAT MUSLIM DI KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, di era modern seperti sekarang ini hal yang wajar setiap penemuan maupun aktifitas baru dari kemajuan zaman umat Islam pasti mempertanyakan bagaimana kedudukan hal tersebut dalam pandangan ajaran dan hukum Islam, persoalan yang dihadapi umat Islam sekarang ini adalah banyaknya produk air minum kemasan yang beredar di masyarakat sesuai dengan ajaran Islam maka umat Islam menginginkan agar produk-produk yang akan dikonsumsi terjamin kehalalan dan kesucianya karena dalam ajaran Islam mengkonsumsi yang baik, halal dan suci merupakan perintah agama yang hukumnya wajib. Sebagai contoh di Kecamatan Kemuning Kota Palembang yang masyarakatnya mengalami peningkatan kebutuhan akan air bersih dipicu, oleh semakin terbatasnya akses air bersih layak minum akibat penurunan kualitas air yang disebabkan oleh kerusakan dan pencemaran lingkungan, kebutuhan air bersih semakin meningkat, namun minimnya air bersih yang tersedia. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling, yang berarti sengaja, atau disebut juga judgemental sampling yang digunakan dengan menentukan kriteria khusus terhadap sampel. Secara sederhana, purposive sampling berarti teknik pengambilan sampel secara sengaja, yang dimaksud dalam hal ini peneliti dapat menentukan sendiri sampel yang diambil dikarenakan adanya pertimbangan tertentu, jadi sampel tidak diambil secara acak akan tetapi ditentukan sendiri oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan Metode yang digunakan yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa label halal dan harga berpengaruh secara parsial dan stimultan terhadap keputusan pembelian responden pada produk air minum kemasan di Kecamatan Kemuning Kota Palembang. Kata kunci : Air Minum Kemasan, Umat Islam, Label Halal, Harga Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fiqo
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:00
Last Modified: 18 Jan 2022 08:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19135

Actions (login required)

View Item View Item