IDENTIFIKASI NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kelas VII-IX)

RAHMADANTI, ADE TRI (2021) IDENTIFIKASI NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kelas VII-IX). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (564kB)
[img] Text
2.pdf

Download (822kB)
[img] Text
3.pdf

Download (565kB)
[img] Text
4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.pdf

Download (406kB)
[img] Text
bstrak.pdf

Download (423kB)
[img] Text
dpustaka.pdf

Download (385kB)
[img] Text
kover.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Identifikasi Nilai-Nilai Revolusi Mental dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi Analisis Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kelas VII-IX). Penelitian ini difokuskan pada kandungan nilai revolusi mental dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan implikasinya terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan sumber data primer yaitu buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Kelas VII-IX. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini adalah telaah yang berkaitan dengan nilai-nilai revolusi mental yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, maka secara metodologis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan isi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yaitu tiga nilai utama revolusi mental yang tertuang dalam buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII-IX yaitu (1) Nilai integritas berupa nilai kejujuran, tanggung jawab dan nilai keadilan. (2) Nilai etos kerja berupa sikap cinta ilmu pengetahuan, sikap optimis, ikhtiar dan tawakal dalam meraih kesuksesan. (3) Nilai gotong royong berupa sikap saling menghargai perbedaan, saling menghormati, sikap empati, dan sikap toleransi. Implikasi nilai revolusi mental dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter siswa yaitu mengarahkan dan membimbing siswa menjadi taat dalam beribadah, menghargai perbedaan, bertanggung jawab, serta hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai Revolusi Mental, Pembentukan Karakter Siswa
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Kurikulum
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:29
Last Modified: 08 Feb 2022 03:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item