STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI DAN CICIL EMAS DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG JAKABARING

DAMAYANTI, YUSRA (2022) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN GADAI DAN CICIL EMAS DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALEMBANG JAKABARING. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
2.pdf

Download (766kB)
[img] Text
3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4.pdf

Download (355kB)
[img] Text
5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami mekanisme, prospek, tingkat perkembangan serta strategi Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Jakabaring dalam mengatasi kelemahan dan risiko pada produk pembiayaan gadai emas dan cicil emas supaya dapat bersaing bahkan melampaui para pesaingnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh bersumber dari hasil wawancara, pengamatan dan dokumen. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menyatakan bahwa tingkat perkembangan produk pembiayaan gadai emas dan cicil emas di BSI (Bank Syariah Indonesia) KCP Palembang Jakabaring tiap tahunnya mengalami pengembangan yang cukup signifikan. Hal tersebut berdasarkan data perkembangan kedua produk emas Bank Syariah Indoensia KCP Palembang Jakabaring sejak tahun 2019-2021. Strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Jakabaring pada produk gadai emas melalui analisis SWOT mendapatkan hasil analisis faktor internal melalui penggunaan matriks IFAS memperoleh total skor sebesar 3,21 dan hasil analisis faktor eksternal melalui penggunaan matriks EFAS memperoleh total skor sebesar 3,36, dapat disimpulkan bahwa produk gadai emas Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Jakabaring menempati sel I (pertumbuhan). Sedangkan, pada produk cicil emas Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Jakabring mendapatkan hasil analisis factor internal melalui penggunaan matiks IFAS memperoleh total skor sebesar 3,16 dan hasil analisis external melalui penggunaan matriks EFAS memperoleh total skor sebesar 2,53. Dapat disimpulkan bahawa produk cicil emas Bank Syariah Indonesia KCP Palembang Jakabaring menempati sel IV (stabilitas).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Stategi Pemasaran, Analisis SWOT, Pembiayaan Gadai Emas, Pembiayaan Cicil Emas.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 16 Feb 2022 02:23
Last Modified: 16 Feb 2022 02:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item