TERAPI MENULIS SEBAGAI TERAPI JIWA DAN PENYEMBUHAN DIRI DARI GANGGUAN PSIKOLOGI DIMASA PANDEMI COVID-19: ANALISIS BUKU SEMBUH DAN SUKSES DENGAN TERAPI MENULIS KARYA JONRU

Bella, Inka Christa (2021) TERAPI MENULIS SEBAGAI TERAPI JIWA DAN PENYEMBUHAN DIRI DARI GANGGUAN PSIKOLOGI DIMASA PANDEMI COVID-19: ANALISIS BUKU SEMBUH DAN SUKSES DENGAN TERAPI MENULIS KARYA JONRU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
2.pdf

Download (479kB)
[img] Text
3.pdf

Download (51kB)
[img] Text
4.pdf

Download (601kB)
[img] Text
5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (54kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Terapi Menulis Sebagai Terapi Jiwa dan Penyembuhan Diri Dari Gangguan Psikologi Dimasa Pandemi Covid-19 Analisis Buku: Sembuh dan Sukses Dengan Terapi Menulis Karya Jonru”. Virus yang menyebar didunia membuat masyarakat resah dan khawatir. Covid-19 adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidenfikasi sebelumnya pada manusia. Dampak dari Covid-19 ini cukup besar bagi masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun kesehatan mental. Penelitian bertujuan untuk mengkaji konsep terapi menulis menurut Jonru beserta pengaplikasian terapi menulis dengan menerapkan kiat-kiat untuk dapat menyembuhkan gangguan psikologi dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pengolahaan data kepustakaan (Library Reserch), dengan teknik analisis isi (content analysis). Teknik ini digunakan untuk mengkaji perilaku manusia secara tidak langsung terhadap komunikasi mereka seperti buku, artikel, jurnal dan semua komunikasi yang dapat dianalisis. Hasil penelitian: menurut Jonru bahwa terapi menulis mengacu pada proses penulisan dan apa yang ingin disampaikan melalui tulisan tersebut. Dengan adanya terapi menulis dapat membuat individu mereduksi tekanan yang dialami. Adapun kiat-kiat terapi menulis untuk menyembuhkan gangguan psikologi dimasa pandemi Covid-19 dilakukan dengan mengabaikan semua aturan penulisan yang bernuansa negatif sehingga tulisan dapat memberi pengaruh positif untuk diri sendiri. Dapat disimpulkan bahwa terapi menulis merupakan teknik yang sederhana mempunyai banyak manfaat jika dilakukan secara intensif sehingga dapat membuat individu sembuh dan terhindar dari segala penyakit kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terapi Jiwa, Gangguan Psikologi, Pandemi Covid-19
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:25
Last Modified: 21 Feb 2022 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item View Item