PENGARUH NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER RELIGIUSSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 3 PENUKAL KECAMATAN PENUKAL KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR

Fentia, Sulas (2022) PENGARUH NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KARAKTER RELIGIUSSISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 3 PENUKAL KECAMATAN PENUKAL KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Nilai-Nilai Keislaman adalah suatu konsep yang dapat dijunjugi tinggi oleh manusia dengan mengenai beberapa masalah yang berhubungan dengan Islam. Karakter religius adalah pola tingkah laku yang lebih dekat dengan hal-hal spiritual, taat dalam melakukan ajaran agamanya. Berdasarkan hasil observasi awal di SMP N 3 Penukal bahwa masih sangat minimnya pemahaman tentang penanaman nilainilai keislaman terhadap siswa serta guru masih kurang dalam melakukan pendekatan kepada siswa dan masih sangat kurangnya pengetahuan tentang nilainilai karakter religius pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Pada penelitian ini memberikan perlakuan (tretmen) pada subjek.teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan penyebaran angket. Adapun analisis data menggunakan analisis data deskriptif,uji normalitas, uji homogenitas dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Penanaman nilai-nilai keislaman pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 3 Penukal Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu berada pada kategori tinggi. (2) karakter religius siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP N 3 Penukal Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu berada pada kategori tinggi. dan (3) dengan diketahui nilai korelasi product moment yaitu 11,34 dan dikonsultasikan dengan tabel r product moment ternyata hasil rxy lebih besar dari pada taraf 5% dan juga pada taraf 1% atau 0,361<11,34>0,463. Maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh nilai-nilai keislaman terhadap karakter religius siswa di sekolah menengah pertama negeri 3 penukal kecamatan penukal kabupaten penukal abab lematang ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Keislaman, Karakter Religius, PAI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:40
Last Modified: 22 Feb 2022 02:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item