ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V DI SDN 22 TANJUNG BATU

NURLAINI, NURLAINI (2022) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS V DI SDN 22 TANJUNG BATU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pendidikan literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SDN 22 Tanjung Batu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti lakukan bahwa siswa memahami informasi dalam konten digital yang diperlukan, mengoperasikan alat-alat digital sesuai yang diperlukan menggunakan smartphone, dan mudah dapat menggunakan beberapa jenis aplikasi. Kendala Literasi Digital Siswa Kelas V di SDN 22 Tanjung Batu rendahnya minat baca siswa tentang literasi digital, rendahnya kesadaran siswa untuk membaca buku literasi digital, Sulit menggunakan alat-alat digital, tidak tersedianya fasilitas alat-alat digital, siswa mempunyai Smartphone tetapi tidak digunakan untuk belajar, dan siswa kurang memahami apa itu literasi digital. Cara guru mengatasi kendala berliterasi digital siswa Kelas V Di SDN 22 Tanjung Batu, upaya yang dilakukan guru adalah menerapkan membaca siswa di perpustakaan minimal 3 kali seminggu, supaya siswa dilatih dalam minat membaca tentang buku-buku literasi digital. guru harus memberikan arahan tentang kesadaran siswa untuk membaca buku literasi digital, guru menguasai dan memanfaatkan alat-alat digital dalam proses pembelajaran. Supaya bisa menghadapi siswa yang sulit dalam menggunakan alat-alat digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisis, literasi, digital.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:49
Last Modified: 01 Mar 2022 06:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19577

Actions (login required)

View Item View Item