PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Hayaati, Ainul (2021) PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dengan fenomena yang terjadi pada saat sekarang ini terlihat banyaknya jual beli online yang menggunakan media elektronik yang telah memacu pada kebiasaan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli. Dengan adanya internet untuk memenuhi kebutuhan dapat melalui media online. Kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan belanja online pada e-commerce mengakibatkan terjadinya konsumsi secara berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif mahasiswa. Perilaku konsumtif ini juga terjadi dikalangan mahasiswa FEBI UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji konsep dan teori dengan kenyataan melalui pengukuran serta angka dan menganalisanya dalam bentuk data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang berupa pernyataan tertulis yang disebar kepada responden yang melakukan pembelian di e-commerce dan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Tenik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil uji data yang dilakukan menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini menginterpretasikan bahwa mahasiswa sebagai generasi milenial yang lebih cenderung dengan hal-hal yang mudah dan praktis. Oleh karena itu semakin mudah belanja di e-commerce maka akan semakin meningkatkan perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Perilaku Konsumtif dan Mahasiswa FEBI
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:17
Last Modified: 12 Apr 2022 03:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20180

Actions (login required)

View Item View Item