HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG

Triyanto, Reno (2022) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD ISLAM AL-ALIFAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam komponen pembelajaran, karena dengan adanya motivasi belajar keberhasilan proses pembelajaran akan mudah dicapai. Dikarenakan ada sebagian siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, guru menggunakan media pembelajaran berbasis ICT didalam kegiatan belajar mengajar untuk membangkitkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dengan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Islam Al-Alifah Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penggunaan media pembelajaran berbasis ICT termasuk kedalam kategori sedang. 2) motivasi belajar siswa termasuk kedalam kategori sedang. 3) terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Islam Al-Alifah Palembang dengan kategori kuat. Perbandingan antara r-empirik dan rtabel yakni nilai r empirik (0,712) > r tabel (5% = 0,423) dan nilai r empirik (0,712) > rtabel (1% = 0,537), karena r empirik lebih besar dari rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT) dengan variabel Y (Motivasi belajar siswa) pada pembelajaran tematik kelas IV SD Islam Al-Alifah Palembang dengan kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis ICT, Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:41
Last Modified: 20 Apr 2022 01:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item