Anjani, Fhelinda (2022) Pesan-Pesan Moral ACT Sumsel Di Media Sosial. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
This is the latest version of this item.
Text
Cover Fhelinda.pdf Download (9kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text
BAB I Fhelinda.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
BAB II Fhelinda.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text
BAB III Fhelinda.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
BAB IV Fhelinda.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
|
Text
BAB V Fhelinda.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAK Fhelinda Anjani.pdf Download (222kB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Pesan-pesan moral ACT Sumsel di Media Sosial”. Pesan moral sendiri adalah pesan.yang isinya terkandung moral atau nilai-nilai kebaikan terhadap Tuhan, diri sendiri, maupun hubungan sosial. Di era teknologi dan informasi seperti saat ini semakin erat pula kaitannya manusia dengan dunia digital, seperti memanfaatkan teknologi media sosial yang ada, salah satunya yaitu Instagram. Media sosial instagram tidak hanya menjadi media untuk meningkatkan eksistensi diri. Namun bisa juga digunakan sebagai media pemanfaatan penyampaian pesan. Dan dalam hal ini ACT Sumsel menyampaiakan Pesan melalui instagram diharapkan akan mempengaruhi masyarakat di zaman sekarang. Maka dari itu peneliti menjadikan Instagram ACT Sumsel sebagai objek penlitian. Peneliti berupaya menganalisi pesan moral berdasarkan teori komunikasi persuasif yaitu masalah hubungan manusia dengan tuhan, diri sendiri, dan lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif yang data yang diperoleh dengan cara dokumentasi observasi dan mengamati postingan Instagram secara langsung. Data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi berupa postingan pada periode bulan September 2021 dengan jumlah sebanyak 13 postingan. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari pesan-pesan moral hubungan manusia dengan tuhan, diri sendiri, dan sosial di Instagram ACT Sumsel. Temuan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: Pesan moral kategori hubungan manusia dengan Tuhan yakni: Postingan pertama terdapat gambar dengan kalimat pesan berupa doa senantiasa untuk selalu mengingat tuhan, postingan yang kedua yaitu pesan berupa amalan untuk tidak lupa shalat lima waktu, sedekah, membaca Al Quran, dan bertasbih agar terselamatkan dari siksa kubur, postingan yang ketiga dan keempat yaitu pesan agar terus bersyukur terhadap apa yang diberikan tuhan. Pesan moral kategori hubungan manusia dengan diri sendiri yakni: Postingan pertama terdapat pesan moral dimana usaha untuk terus bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Postingan yang kedua dan ketiga yaitu pesan perihal kesabaran dalam diri dan Postingan keempat mengajarkan akan pesan tentang bekerja keras. Pesan moral kategori hubungan manusia dengan lingkungan sosial yakni: postingan pertama , kedua, ketiga, keempat, dan kelima mengandung pesan moral terhadap sekeliling untuk dapat saling tolong menolong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Pesan Moral, Instagram |
Subjects: | Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | fhelinda anjani anjani |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 00:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 00:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21483 |
Available Versions of this Item
- Pesan-Pesan Moral ACT Sumsel Di Media Sosial. (deposited 03 Aug 2022 00:59) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |