UPAYA PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (PSM) DALAM PEMBERDAYAAN LANSIA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL AS-SIDDIQ KOTA PALEMBANG

Arpiah, Hanny Maita (2022) UPAYA PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT (PSM) DALAM PEMBERDAYAAN LANSIA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL AS-SIDDIQ KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.docx

Download (127kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Dalam Pemberdayaan Lansia Di Lembaga Kesejahteraan Sosial As-Siddiq Kota Palembang”. Pekerja Sosial Masyarakat merupakan seorang warga masyarakat yang mempunyai jiwa pengabdian sosial dalam penyelenggaraan kesejahteran sosial, serta telah mengikuti bimbingan atau pelatihan dibidang kesejahteran sosial. Pemberdayaan lansia merupakan salah satu upaya yang dilakukan PSM untuk meningkatkan kemampuan lansia dalam berbagai kegiatan baik ekonomi, kesehatan, dan sosial. Tujuan pemberdayaan lansia adalah agar lansia tetap dapat menjalankan fungsi sosialnya dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu harapannya adalah meningkatkan kemampuan lansia untuk tetap aktif dalam kegiatan produktif, sehingga mengurangi ketergantungan aktual mereka pada anggota keluarga lainnya. Dalam upayanya PSM mengajukan proposal ke Dinas Sosial Kota Palembang maupun Provinsi Sumatera Selatan, yang selanjutnya akan direkomendasikan langsung ke Kementerian Sosial, bantuan dapat langsung diberikan dan disalurkan kepada lansia, kemudian lansia dibina langsung oleh PSM di LKS As-Siddiq Kota Palembang baik dalam aspek ekonomi, kesehatan dan sosial. Untuk mengetahui hubungan PSM dan LKS As-Siddiq dalam upaya pemberdayaan lansia maka digunakan teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons melalui teori AGIL. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif (field research), melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan PSM dalam upaya pemberdayaan lansia di LKS As-Siddiq Kota Palembang. Sehingga terpenuhinya kebutuhan dan pendapatan para lansia serta terwujudnya kesejahteraan para lansia di Lembaga Kesejahteraan Sosial As-Siddiq Kota Palembang. Kata Kunci : Pekerja Sosial Masyarakat, Pemberdayaan dan Lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial Masyarakat, Pemberdayaan dan Lansia.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Asosiasi, Organisasi dan Museum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: HANNY MAITA ARPIAH
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:54
Last Modified: 10 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item