Psikoterapi Islam Melalui Puasa Daud dalam Mengatasi Emosi Amarah (Studi Kasus Klien "SP" Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi)

Julianto, Diki (2020) Psikoterapi Islam Melalui Puasa Daud dalam Mengatasi Emosi Amarah (Studi Kasus Klien "SP" Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover diki.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak diki julianto.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
FULL SKRIPSI DIKI JULIANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar pustaka diki julianto.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Psikoterapi Islam Melalui Puasa Daud dalam Mengurangi Perilaku Amarah (Studi Kasus Klien “SP” Mahasiswa Jurusan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi)” bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku amarah klien “SP”, faktor penyebab perilaku amarah klien “SP”, dan psikoterapi melalui puasa Daud dalam mengurangi perilaku amarah pada klien “SP” jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (Case Study). Metode analisis data menggunakan penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah klien “SP” mahasiswa program studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa klien “SP” mengalami perilaku amarah pada aspek biologisnya yaitu wajah memerah dan mulut yang mengeluarkan kata-kata kasar, kemudian pada aspek emosional klien “SP” memiliki rasa ingin melampiaskan rasa amarahnya lalu pada aspek intelektual klien “SP” lebih sulit berkonsentrasi pada saat kuliah atau belajar ketika sedang memiliki rasa amarah dan pada aspek sosial klien “SP’ tidak memikirkan perasaan orang lain. Faktor penyebab perilaku amarah yang dialami oleh klien “SP” disebabkan oleh dau faktor yaitu faktor fisik dan psikis, dimana faktor fisik yaitu karena kelelahan dan faktor psikis karena rasa rendah diri dan mudah tersinggung. Perubahan perilaku amarah yang terjadi setelah klien “SP” menjalani psikoterapi Islam melalui puasa Daud adalah klien “SP” sudah mulai memikirkan perasaan orang lain ketika sedang marah, mulai dapat menahan amarah, mulai dapat menahan perkataan, mulai dapat berkonsentrasi, dan juga dapat menahan rasa rendah diri agar tidak mudah tersinggung, namun dua perilaku amarah klien “SP” yang belum mengalami perubahan yaitu wajah memerah saat sedang marah dan juga gerakan yang tidak terkendali. Kata Kunci : Psikoterapi Islam, Puasa Daud, Perilaku Amarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam, Puasa Daud, Perilaku Amarah
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: DIKI JULIANTO
Date Deposited: 26 Sep 2022 07:06
Last Modified: 26 Sep 2022 07:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item