Pembelajaran Imla' Manzur Menggunakan Kamus Mufradat Santri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang

FAJRIA HASYIM, NYIMAS PUTRI (2022) Pembelajaran Imla' Manzur Menggunakan Kamus Mufradat Santri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
coverr.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa, dikarenakan masih menggunakan metode biasa dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu adanya metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan bersemangat saat belajar. Maka dari itu, peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran imla’ manzur sebagai inovasi pemanfaatan metode belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif yang merupakan metode campuran (Mix Method). Yang mana akan menghasilkan data-data campuran yaitu data dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari data yang diperoleh merupakan hasil data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur kemampuan dan keefektifitas pelaksanaan penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian, penerapan metode pembelajaran imla’ manzur di kelas VIIC diawali dengan guru memperlihatkan materi imla’ lalu guru membacakannya satu kali, guru menghapus materi tersebut dan membacakannya setiap soal sebanyak tiga kali, kemudian siswa menulis materi tersebut di lembar jawaban masing-masing. Setelah menerapkan pembelajaran imla’ manzur penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata dari 47,00 menjadi 85,17 terdapat perbedaan yang signifikan dari penguasaan keterampilan menulis bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas control. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji independent sample t-test dan menunjukkan nilai signifikan 0,000< 0,05 maka dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan metode pembelajaran imla’ manzur efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Imla’ Manzur, Keterampilan Menulis, Kamus Mufradat Santri
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NYIMAS PUTRI FAJRIA HASYIM
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:10
Last Modified: 10 Nov 2022 03:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23535

Actions (login required)

View Item View Item