PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN KUALITAS RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SUMSEL BABEL CABANG PEMBANTU SYARIAH UIN RADEN FATAH PALEMBANG

MEILANI, TASYA (2022) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL DAN KUALITAS RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SUMSEL BABEL CABANG PEMBANTU SYARIAH UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (947kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemasaran Relasional dan Kualitas Relasional terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Murabahah di Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Syariah UIN Raden Fatah Palembang” dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis bank syariah di kota Palembang yang saat ini semakin meningkat, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Penerapan strategi pemasaran relasional dan kualitas relasional merupakan strategi yang tepat untuk dapat melihat dan meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pemasaran relasional dan kualitas relasional terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murabahah di Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Syariah UIN Raden Fatah Palembang, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel berjumlah 90 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakaan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran relasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murabahah di Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Syariah UIN Raden Fatah Palembang, hal ini sesuai dengan nilai thitung > ttabel 3,009 > 1,988 dengan nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05. Dan kualitas relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murabahah di Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Syariah UIN Raden Fatah Palembang dengan nilai thitung > ttabel 2,718 > 1,988 dan nilai signifikan 0,008 < 0,05. Sedangkan secara simultan atau bersama-sama seluruh variabel pemasaran relasional dan kualitas relasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pembiayaan murabahah di Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Syariah UIN Raden Fatah Palembang dengan nilai Fhitung 23,876 > Ftabel 3,95 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.” Kata Kunci: Pemasaran Relasional. Kualitas Relasional, dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Relasional, Kualitas Relasional dan Kepuasan Nasabah
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: TASYA MEILANI 1810603051
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:04
Last Modified: 15 Dec 2022 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24019

Actions (login required)

View Item View Item