ANALISIS IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

Patmawati, Yeni (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I YENI PATMAWATI.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V YENI PATMAWATI.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi media Flash Card dalam proses pembelajaran mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyah Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, (2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi media Flash Card dalam proses pembelajaran mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyah Megang Sakti. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Flash Card dalam proses pembelajaran mufradat bahasa Arab pada peserta didik kelas IV MI Al-Khoiriyah sudah baik dan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu adanya kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Adapun inti dari penerapan media ini, yaitu peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok belajar, guru menjelaskan mufradat yang terdapat di dalam Flash Card, kemudian guru membagikan Flash Card kepada masing-masing kelompok. Setelah itu, setiap peserta didik dalam kelompok diminta untuk menghafal mufradat dan bersama-sama membuat sebuah kalimat dari mufradat yang telah dihafalkan. Dengan diterapkannya media Flash Card ini dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal dan memahami makna mufradat bahasa Arab. (2) faktor yang mempengaruhi implementasi media Flash Card dalam proses pembelajaran mufradat bahasa Arab yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung implementasi media Flash Card diantaranya, kreativitas dan peranan guru, media pembelajaran yang fleksibel, bahan pembuatan media yang mudah didapatkan, lingkungan belajar yang nyaman. Faktor penghambatnya yaitu, peserta didik pemalu, kurangnya waktu pembelajaran, kemampuan kognitif peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Flash Card, Pembelajaran Mufradat, Bahasa Arab
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Jan 2023 05:18
Last Modified: 03 Jan 2023 05:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24420

Actions (login required)

View Item View Item